menuju seorang geologist

Friday 18 May 2012

GRAVITY MASS FLOW


Gravity-Driven sediment flows merupakan aliran sedimen yang melibatkan massa sedimen yang sangat besar. Massa itu bergerak menuruni downslope sampai di keadaan stabil kemudian berhenti dan mengalami resedimentasi. Disini material akan bergerak lebih dulu baru kemudian medianya. Gravity mass flow dibedakan menjadi 4 tipe ( Middleton dan Hampton 1976): turbidity current, fluidized sediment flow, grain flow dan debris flow.

Turbidity current merupakan aliran massa besar yang menuruni downslope dengan cepat. Karena partikelnya melimpah sehingga  densitasnya besar relative terhadap ambient water dan menyebabkan turbidit yang dipertahankan dengan turbulen. Massa turbulen memiliki bagian head, body dan tail. Head adalah bagian yang paling tebal, body adalah bagian yang memiliki ketebalan yang seragam. Kecepatan aliran massa di bagia head leih lambat dibandingkan di bagian body, sehingga massa dari body berpindah ke head, kemudian aliran massa  itu bergulung ke atas dan kembali lagi ke body. Material-material paling kasar terkonsentrasi pada bagian head, sehingga ketika menuruni slope, sehingga bagian head mengerosi atau menggerus dasar slope dan menimbulkan flute atau grooves mark. 

Grain flow dipertahankan oleh tekanan dispertif dari perubahan momentum yang berasal dari interaksi antar butir. Aliran grain kasar lebih cepat dan tebal daripada aliran grain halus. Grain flow bukan turbulen, sehingga tidak banyak percampuran antara layer bawah dan layer atas. Grain yang berukuran besar, bergerak ke atas pada flowing bed, sehingga memungkinkan membentuk reverse grading untuk aliran massa high density. 

Fluidized sediment flow diakibatkan oleh arus fluida intergranular yang muncul ke atas akibat viskositas dan massa yang tinggi yang mendukung grain melawan gravitasi yang menyebabkan grain teragregat dengan kekuatan lemah, sehingga hamper bersifat seperti fluida. 

Debris flow merupakan pergerakan material ke downslope oleh intergranular water. Air dengan partikel kecil bercampur sehingga berperilaku seperti viscous fluid. Debris flow merupakan awal dari turbidit current.

No comments:

Post a Comment