menuju seorang geologist

Sunday 7 October 2012

TEKSTUR BATUAN BEKU PADA SAYATAN TIPIS



Poikilitik
yaitu tekstur yang ditandai dengan hadirnya inklusi mineral-mineral secara acak dalam suatu mineral yang besar. Tekstur  ini kadang hadir atau dijumpai pada batuan intermediet.

Intergranular
tekstur di mana celah sudut antara butir plagioklas ditempati oleh butir mineral olivin ferromagnesium seperti, piroksen, oksida besi atau titanium.

Intersetral
tekstur yang mirip dengan tekstur intergranular tetapi celah antara butir plagioklas ditempati oleh kaca atau bahan cryptocrystalline.

Porfiritik
merupakan tekstur yang khusus dimana terdapat campuran antara butiran kasar di dalam massa dengan butiran yang lebih halus. Butiran yang relatif sempurna dinamakan fenokrist (phenocrysts), sedangkan butiran yang lebih kecil disebut massa dasar (groundmass). Tekstur porfiritik menunjukkan bahwa magma yang sebagian membeku bergerak ke atas dengan cepat lalu mendingin dengan cepat pula. Sehingga meghasilkan fenokris yang dikelilingi oleh massa dasar.

Vitrofirik
Tekstur yg memiliki kemiripan dengan porfiritik tetapi pada tekstur ini mineral penyusun yang menjadi massa dasarnya  adalah gelas, sedangkan kristalnya hanya sedikit yaitu sekitar < 10 %.

Ofitik
yaitu tekstur dimana mineral piroksen seolah-olah tertusuk oleh mikrolit-mikrolit plagioklas secara radier. Plagioklas sepenuhnya dikelilingi oleh butir piroksen.

Subofitik
yaitu tekstur yang berbentuk nonradier atau agak acak, mirip dengan tekstur ofitik dimana butir plagioklas tidak sepenuhnya tertutup dalam matriks butir piroksen.

Hyaloofitik
tekstur yang mirip dengan tekstur ofitik tetapi pada tekstur ini kaca/ gelas yang sepenuhnya mengelilingi plagioklas.

Trakhitik
tekstur dimana butir plagioklas menunjukkan orientasi yang diutamakan karena flowage, dan celah antara butir plagioklas ditempati oleh kaca atau bahan cryptocrystalline.

Pilotaksitik
This is a texture for a groundmass of holocrystalline rock. Microlites (lath-shaped) are interwoven in an irregular fashion in the rock.

Hyalofilitik
yaitu tekstur yang jika mikrolit-mikrolit plagioklas dijumpai bersamaan mikrokristalin piroksen dengan arah tidak beraturan, dan dijumpai dalam massa dasar gelas. Tekstur ini sangat khas dijumpai pada batuan yang berkomposisi basa yang pada umumnya berupa lava.

Kelyfitik/rim
sering kali reaksi rims atau Coronas hadir dan mengelilingi individu Kristal, menyebabkan kristal menjadi tidak stabil dan bereaksi dengan kristal sekitarnya atau meleleh.  Jika reaksi rims ini hadir pada kristal mereka harus dicatat dalam deskripsi tekstur
Grafik
Yaitu tekstur yang tumbuh bersama dalam satu individu atau disebut juga intergrowths yang terdiri dari kuarsa dan alkali feldspar, dimana orientasi butir kuarsa meruncing menyerupai tulisan. Tekstur ini paling sering ditemukan pada pegmatit.

Granofirik
Yaitu tekstur yang tumbuh bersama atau bisa juga disebut intergrowth, dimana  jika dua mineral A dan B tumbuh bersama dalam satu individu yang terdiri dari kuarsa dan K-Feldspar (ortoklas). Tekstur ini sangat khas yang dapat dijumpai pada batuan beku asam, khususnya pada batuan granitis

Mirmekitik
Yaitu tekstur dimana jika dua mineral A dan B tumbuh bersama dalam satu individu yang terdiri atas kuarsa dan plagioklas dalam komposisi asam.

Pertit
yaitu tekstur yang tampak secara mikroskopik seolah-olah memberikan kenampakan tumbuh bersama antara plagioklas dan k- feldspar (mikroklin). Plagioklas yang hadir berupa albit yang berbentuk memanjang dan sejajar dengan arah bidang belah mineral mikroklin.

Antipertit
Tekstur yg mirip dengan pertit tetapi pada tekstur ini plagioklas yang menjadi tuan rumahnya dan mikroklin sebagai tamunya.

Embayment
Texture where older crystals have been eaten into by younger crystals or portions or the original crystal material has been absorbed back into the melt creating a space of rounded shape resembling a bay.

1 comment: